SmartPhone Berbasis Ubuntu Siap Diluncurkan Di Bulan Oktober

Piranti lunak berbasis Linux, Ubuntu, selama ini populer sebagai sistem operasi dalam dekstop. Kini Ubuntu pun siap beroperasi di perangkat smartphone.

Dilaporkan Wall Street Journal, perangkatsmartphone berbasis sistem operasi (OS) Ubuntu dikabarkan segera tersedia untuk konsumen mulai Oktober tahun ini. Sebelumnya, Canonical selaku produsen, sudah memperkenalkan OS Ubuntu untuksmartphone pada awal tahun ini.

CEO Canonical Mark Shuttleworth mengatakan bahwa ponsel berbasis ubuntu pertama akan diluncurkan pada Oktober 2013 di dua area yang tidak disebutkan secara spesifik yang kemungkinan besar Amerika sebagai salah satu pasar utama yang ditargetkan.

Jika memang benar dipasarkan pada Oktober 2013, artinya penjualan ponsel itu akan lebih cepat dari rencana sebelumnya. Awalnya Canonical mengatakan smartphone berbasis Ubuntu bakal hadir di pasar pada 2014.



Kecanggihan sistem operasi mobile baru ini adalah fitur yang sebenarnya hampir sama persis dengan Ubuntu versi desktop. Sehingga apabila pengguna mencolokkan ponsel ini ke perangkat monitor dengan keyboard dan mouse maka ia bisa menjalankan dan mengoperasikan aplikasi Ubuntu seperti LibreOffice.

Menurut Shuttleworth, OS Ubuntu versi smartphone ini menggunakan driver dan kernel dari Android, sehingga dapat dengan mudah dipasang pada berbagai smartphone yang menjalankan Android, baik versi lama maupun yang baru.

Hal ini juga berarti produsen perangkat tidak membutuhkan perubahan pada piranti lunak mereka untuk mendukung sistem operasi baru ini.

Sistem operasi mobile Ubuntu ditargetkan untuk semua kategori smartphone, mulai darismartphone katagori low end sampai high end.

Mampukah sistem operasi baru ini bersaing dengan Android dan iOS? Sebagai catatan, sistem operasi Windows Phone besutan Microsoft yang memiliki jaringan luas pun masih belum mampu menyaingi kekuatan Android dan iOS di pasaran smartphone global.

Posting Komentar - Back to Content

 
Gunakan Google Chrome Untuk Tampilan Yang Maksimal ^^